Mungkin pernah anda mengalami mengapa internet yang anda pakai itu menjadi lambat?? saya pun juga sama dan untuk itu saya mencoba mencari tahu apa yang menyebabkanya ya…. langsung saja tanya pada Pak Google yang selalu siap setiap saat saya membutuhkannya ternyata untuk mengetahui titik masalahnya langsung dech… pakai perintah Tracert, yang sama seperti Ping. Perintah ini singkatan dari trace route yang merupakan bagian dari windows 95, 98, NT, dan 2000. tracert itu mengikuti jalur data antara komputer anda dan alamat-alamat lain yang anda tuju misalnya begini, buka menu start lalu pilih run maka pada dekstop akan muncul kotak combo run lalu ketik cmd maka yang muncul adalah command prompt, lalu ketikkan “tracert alamat tujuan” lalu tekan enter
contoh : tracert google.com dan tekan enter.
Pada Command Prompt hasil dari tracert akan menampilkan seberapa cepat data berjalan antara lokasi anda dan setiap router di jaringan di sepanjang jalan. seperti halnya dengan Ping, waktu yang ditampilkan dalam satuan milidetik, dan angka yang lebih besar berarti kinerja yang lebih lambat. Tracert menguji setiap segmen jaringan yang disebut dengan hop sebanyak tiga kali dan mengeposkan ketiga angkanya. sebuah bintang pada tempat angka menunjukkan adanya time out. dan jika tracert melaporkan waktu dalam satu atau dua digit dari lima atau enam hop pertama lalu tiba-tiba menemukan segmen dengan tiga digit berarti anda sudah menemukan titik kelambatannya atau setidaknya bagian dari itu. kabar baiknya mungkin masalahnya bukan di sistem anda atau ISP anda dan kabar buruknya internet itu memang lambat. Dan, jika waktu Ping yang lambat secara konsisten terjadi pada hop kedua atau ketiga, berarti kemungkinan masalnya ada di ISP, layanan backbone yang dihubunginya , jalur kecepatan tinggi yang digunakan untuk berkoneksi ke backbone, atau jaringan internal ISP tersebut atau sever-servernya. Tapi, jika masalahnya muncul pada hop pertama, kemungkinan masalahnya ada di jaringan perusahaan anda atau di jaringan milik Telkom maka dari itu coba periksa seting modem dan jaringan anda juga kabel telepon fisik di dalam dan di luar rumah atau kantor anda
No comments:
Post a Comment